Ketua DPR Ajak Lestarikan Nilai Pancasila

Kategori : Politik | Tanggal : 28 Juli 2017 | Jam : 08:00:05 WIB | Diposting : Hendri Ramdan | Dibaca : 1097 kali



REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI, Setya Novanto (Setnov), mengajak seluruh elemen untuk melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan. Setnov mengatakan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia merupakan dasar yang sudah final.

''Hari ini, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pancasila. Sebuah momentum peringatan yang mengembalikan memori kolektif kita sebagai anak bangsa tentang sebuah dasar negara, falsafah kehidupan berbangsa yang diperjuangkan dan dilahirkan di atas seluruh keanekaragaman dan perbedaan," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (1/6).

Setnov mengatakan, Pancasila bukan sekedar simbol dan butir-butir yang dilafalkan, akan tetapi juga urat nadi, jati diri dan ideologi dari Bangsa Indonesia. Berbagai paham yang mengglobal di tengah bangsa Indonesia, Pancasila menjadi asas yang menyelubungi setiap watak dan pikiran masyarakat tentang bagaimana menjadi Indonesia Sejati. "Karena itu, menjadi Indonesia adalah menghayati dan mengamalkan Pancasila," jelasnya. Sebagai konsensus kebangsaan, Setnov melanjutkan, para pendiri bangsa Indonesia telah memapankan Pancasila sebagai satu-satunya dasar yang melatarbelakangi visi dan misi tentang Indonesia. Karena itu, kata dia, semestinya bangsa Indonesia menolak segala bentuk pemikiran dan tindakan yang dengan sengaja menodai Pancasila sebagai nilai. ''Kita menentang segala bentuk aksi dan perilaku yang bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar negara," ujarnya.


0 Komentar


Tambah Komentar